Salam Pers Mahasiswa...!!!

There Are Only Two things That Can Be Lightening The World. The Sun Light In The Sky And The Press In The Earth. (Mark Twain)
Bahwa Hanya Ada Dua Hal Yang Bisa Membuat Terang Bumi Ini, Yakni Matahari Dilangit Dan Pers yang Tumbuh berkembang Di Bumi Ini.....
Salam Pers Mahasiswa...!!!

20 Januari 2011

TUGAS = MENGEJAR NILAI DAN MENGESAMPINGKAN PENGETAHUAN

Akhir-akhir ini rutinitas perkuliahan di STMIK Dipanegara sangat di warnai dengan kesibukan mengurus tugas yang seharusnya kita fokus menghadapi final. Seperti  mata kuliah Fisika Dasar dan Pengantar Teknologi Informasi, dosen memberi tugas-tugas yang begitu banyak. Sehingga membuat mahasiswa-mahasiswa harus bekerja keras untuk menyelesaikannya. Ditambah lagi dengan matakuliah lain yang juga memberikan  tugas.

Kami (Format.Red) mencoba mewawancari beberapa mahasiswa. Ternyata masih ada sebagian mahasiswa yang tidak begitu mempermasalahkan tugas yang diberikan oleh dosen. Mereka beralasan semua tugas yang diberikan oleh dosen adalah resiko mahasiswa. ”Tujuannya, kebanyakan dia (dosen.red)  mau tahu apakah kita paham dengan materi yang diberikan atau tidak” ujar Ayha mahasiswi  Teknik Informatika (TI) angkatan 2009.

Lain halnya ketika kami mewawancari seorang mahasiswi Jurusan Sistem Informasi (SI) Angkatan 2010, Yulianda, yang memandang tugas yang diberikan sangat membebani dirinya yang baru saja masuk bangku perkuliahan. “Merasa terbebani sich, banyak sekali tugasnya maksudnya kita mau final tapi tugas juga bertumpuk jadi kita terlalu banyak pikirannya, antara  belajar untuk  final dan tugas”, ujar cewek yang berjilbab ini.

Tugas sangatlah penting sebagai bahan penilaian dosen terhadap mahasiswa. Dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan dosen, mahasiswa biasanya memakai sistem “copy paste” (nyontek) karena banyaknya tugas yang diberikan. “Soalnya mau bagaimana lagi, susah juga di selesaikan sendiri-sendiri”, lanjut Yulianda. Seorang mahasiswi juga menambahkan bahwa nyontek juga adalah sebuah usaha. “Sistem copy paste sudah mendarah daging di kampus kita”,tambah Ayha. 

Ternyata tugas yang diberikan oleh dosen semata-mata hanya untuk mengejar nilai, dan menyampingkan pengetahuan yang ada di tugas. Karena terlalu banyaknya tugas yang diberikan dosen.

“Pena_kurcaci. red”
                                                                                 

Tidak ada komentar: