Salam Pers Mahasiswa...!!!

There Are Only Two things That Can Be Lightening The World. The Sun Light In The Sky And The Press In The Earth. (Mark Twain)
Bahwa Hanya Ada Dua Hal Yang Bisa Membuat Terang Bumi Ini, Yakni Matahari Dilangit Dan Pers yang Tumbuh berkembang Di Bumi Ini.....
Salam Pers Mahasiswa...!!!

24 Januari 2011

KURANGNYA MINAT BER-UKM


Pada umumnya setiap kampus memiliki organisasi. Sama halnya di Kampus STMIK Dipanegara yang memiliki  organisasi yang disebut dengan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang bergerak di dua bidang, yaitu  minat dan bakat dan kelompok belajar atau study club. Namun saat ini, persentase pendaftaran anggota baru dibeberapa UKM mulai menurun, atau dalam hal ini disebut dengan krisis kader. Beberapa UKM yang mengalami krisis kader antara lain, UKM KSR-PMI yang bergerak dibidang kesehatan dan kemanusiaan, UKM SangDipa yang bergerak dibidang kesenian, dan UKM Taekwondo yang bergerak dibidang olahraga taekwondo.
Entah apa yang menyebabkan krisis kader ini terjadi, apalagi hal ini terjadi pada UKM yang bergerak dibidang minat dan bakat. Dari hasil wawancara kami (Format.red) di  beberapa UKM, saat ini perbandingan persentase pendaftaran anggota baru pada tahun ini sangat menurun dibandingkan dengan tahun - tahun sebelumnya. Dari pandangan UKM itu sendiri, Alnazar Syam selaku Ketua Umum dari UKM SangDipa berpendapat bahwa di matanya mahasiswa sekarang menganggap berorganisasi tidak penting, selain itu kurangnya minat berorganisasi dan pemahamannya setiap mahasiswa tentang berorganisasi. Seperti halnya juga dengan Muh. Anas selaku anggota dari UKM KSR PMI, “mahasiswa dipengaruhi karena banyaknya jumlah pembayaran masuk di STMIK makanya ingin berkonsentrasi belajar terutama dibidang IT”, ungapnya
Namun, mereka mempunyai solusi-solusi tersendiri dalam mengatasi krisis kader ini, seperti UKM Taekwondo akan berusaha mempromosikan UKM kepada para mahasiswa dan menjelaskan lebih  dalam apa kegiatan-kegiatan dan arti dari UKMnya. Hal tersebut juga diungkapkan oleh Muh. Anas, Bagaimana rencana meramu atau berpegangan bahwa kita itu hidup sebagai manusia yang saling menolong, itu yang harus kita perkenalkan bahwa budaya menolong itu baik, tidak selamanya kita belajar IT kita kombinasikan dengan yang lain dan bagaimana caranya menyampaikan ada organisasi, kita ada untuk menolonglanjutnya.
Semoga krisis kader yang dialami oleh beberapa UKM ini tidak beranggsur lama, dan para mahasiswa bisa menyadari akan pentingnya berorganisasi.
 (Yui_N. FormatRed)

Tidak ada komentar: