Salam Pers Mahasiswa...!!!

There Are Only Two things That Can Be Lightening The World. The Sun Light In The Sky And The Press In The Earth. (Mark Twain)
Bahwa Hanya Ada Dua Hal Yang Bisa Membuat Terang Bumi Ini, Yakni Matahari Dilangit Dan Pers yang Tumbuh berkembang Di Bumi Ini.....
Salam Pers Mahasiswa...!!!

18 Mei 2010

Transaksi Modul Masih Beroperasi

Aktivitas perkuliahan mahasiswa STMIK Dipanegara belakangan ini mulai dipadati oleh kuliah praktikum . Setiap harinya mereka akan disibukkan dengan berbagai jadwal praktek laboratorium sesuai mata kuliah masing-masing.

Dalam kegiatan perkuliahan, khususnya praktek, pengadaan modul memang sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena berisi rangkuman dan latihan-latihan. Akan tetapi hal ini bertolak balakang dengan sistem yang semestinya diberlakukan di lingkungan kampus yakni adanya larangan memperjualbelikan modul antara pihak pengelola kampus dengan mahasiswa namun fakta di lapangan menunjukkan sampai saat ini penjualan modul masih tetap berjalan meskipun hanya pada beberapa mata kuliah tertentu saja.

Sebagaimana diungkapkan oleh ketua jurusan Sistem Informasi (SI), Indra Samsie M.kom bahwa belum ada ketuk palu untuk peniadaan modul, namun penjualan modul seharusnya memang tidak ada. ”Belum ada teguran dari PK (Pembantu Ketua ),secara pribadi sich sudah di tegur”,lanjut beliau.
Pendapat berbeda di nyatakan oleh RISAL mahasiswa jurusan SI angkatan 2008, “Jarangka beli modul karena biasa kupinjam ji punyanya senior, sampai sekarang 4 kali ji ka’ beli modul ,tapi saya setuju kalau ada modul karena sebagai panduan atau petunjuk pada saat praktek .Pendapat serupa di perkuat oleh Ayu Lestari, mahasiswi sejurusan dan seangkatan, ”Saya setuju kalau ada modul sebagai penuntun kalo belajar daripada disuruh cari buku lain lagi, tapi tidak setuju ka’ kalo terlalu mahal harga modulnya, banyak sekali untungnya bela, mending di-fotokopi sendiri!!!”,ujanya ketika ditanya perihal peniadaan modul tersebut.

Dari segi harga, modul memang cukup memberatkan sebagian mahasiswa. “Modul mahal karena ada komisi untuk yang buat modul, komisi untuk dosen yang merekomendasikan memakai modul tersebut, serta komisi bagi orang yang menjual modul”,tutur salah seorang dosen praktek.
Hingga saat ini belum ada kejelasan kapan penjualan modul itu benar-benar dihentikan. Mungkin masih perlu diadakan pertemuan penting untuk membahas problem ini; antara pihak yayasan dengan pengelola maupun mahasiswa.
(Ayu,Stanley/Format)

Tidak ada komentar: