Salam Pers Mahasiswa...!!!

There Are Only Two things That Can Be Lightening The World. The Sun Light In The Sky And The Press In The Earth. (Mark Twain)
Bahwa Hanya Ada Dua Hal Yang Bisa Membuat Terang Bumi Ini, Yakni Matahari Dilangit Dan Pers yang Tumbuh berkembang Di Bumi Ini.....
Salam Pers Mahasiswa...!!!

18 Mei 2010

Minat Pengunjung Perpustakaan Menciut

Perpustakaan (perpus) kampus merupakan suatu tempat dimana para mahasiswa dapat menimba ilmu pengetahuan dan mencari referensi secara gratis untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliahnya. Tak heran apabila kita mendapati area ini selalu ramai oleh pengunjung yang mayoritas merupakan mahasiswa itu sendiri, entah itu mereka yang mengerjakan tugas kuliah,pembaca setia,atau bahkan hanya sekedar meminjam dan atau mengembalikan buku.
Demikian halnya dengan perpus kampus STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika) Dipanegara. Perpustakaan senantiasa dibanjiri oleh mahasiswa yang datang dengan beraneka ragam motif kebutuhan akan ilmu pengetahuan sehubungan dengan pemanfaatan perpus itu sendiri. Namun sayangnya, pada tanggal 5 oktober 2009 lalu, ruangan perpus dipindahkan ke gedung B lantai 5. Hal ini menyebabkan para mahasiswa malas untuk ke perpustakaan. Salah satu nara sumber kami (Format.red), Pak Rais (salah satu staf perpustakaan) mengatakan ,”Pada tanggal 5 Oktober 2009 perpustakaan STMIK Dipanegara dipindahkan ke lantai 5 gedung B atas usulan BEM kepada yayasan”.
Menurut data statistik perpus, jumlah mahasiswa pengunjung perpus pada tahun 2009 sekitar 250 orang sedangkan pada tahun 2010 hanya sekitar 180 orang. Terlihat jelas penurunan total pengunjung. Seperti tersebut sebelumnya,pindahnya perpus ke lantai 5 mengakibatkan adanya penurunan angka pengunjung karena mahasiswa merasa begitu letih jika ingin meraih pintu perpus. Selain itu jumlah buku yang menjadi koleksi perpustakaan itu sendiri masih tergolong kurang,hal tersebut ditandai dengan adanya beberapa rak buku yang masih kosong. Hal ini perlu mendapat perhatian karena perpus sebagai tempat untuk belajar dan mencari tugas kuliah.
Berikut data statistic buku yang berada di perpustakaan hingga kini.(bayu,pandi/format)


Jumlah Judul 3642
Jumlah yang terdaftar 7925
Alumni 5013
Sumbangan 442
Pembagian 2359 (anggaran)
Pembelian (UPT) 111

Tidak ada komentar: