Salam Pers Mahasiswa...!!!

There Are Only Two things That Can Be Lightening The World. The Sun Light In The Sky And The Press In The Earth. (Mark Twain)
Bahwa Hanya Ada Dua Hal Yang Bisa Membuat Terang Bumi Ini, Yakni Matahari Dilangit Dan Pers yang Tumbuh berkembang Di Bumi Ini.....
Salam Pers Mahasiswa...!!!

23 Mei 2010

MUNGKINKAH JADI A????


A adalah huruf pertama dari alfabet yang kita kenal. A juga adalah nilai yang mungkin sulit atau bahkan mudah diraih oleh para mahasiswa untuk dijadikan tolak ukur kemampuan belajarnya per semester. A pula yang dipakai oleh pemerintah untuk penilaian akreditasi. Akreditasi pun merupakan evaluasi dan penilaian komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tri darma perguruan tinggi. Dengan adanya akreditasi yang baik, perguruan tinggi khususnya swasta memiliki nilai lebih di mata masyarakat. Akreditasi pun merupakan nilai yang didapat oleh Perguruan Tinggi (PT) atas kinerja yang telah diimplementasikan oleh para tenaga pengajar, pengelola dan mahasiswanya sendiri. Hal ini merupakan tolak ukur bagi beberapa perusahaan untuk menerima pegawai dari sebuah universitas atau perguruan tinggi. Untuk itulah semua universitas dan perguruan tinggi berlomba-lomba untuk mendapatkan akreditasi dengan nilai yang tinggi. Nilai akreditasi inipun digunakan oleh Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk menarik para calon mahasiswa baru yang sudah lulus SMA (Sekolah menengah Atas) atau pendidikan yang sederajat dan ingin melanjutkan ke bangku perkuliahan.

A, B dan C adalah nilai yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) kepada semua perguruan tinggi dan juga jurusan-jurusannya. Dari berbagai deretan nilai huruf itu, pastilah nilai A yang menjadi incaran setiap PT khususnya PTS di seluruh negeri ini. Tetapi untuk mandapatkan nilai itu, BAN-PT mempunyai kriteria-kriteria tersendiri. Di STMIK Dipanegara ini terdapat 3 program studi dan semuanya sudah terakreditasi, yaitu Sistem Informasi (SI), Teknik Informatika (TI) dan Managemen Informatika yang masing-masing terakreditasi C, B dan B.
Menganggapi perbedaan akreditasi yang diperoleh, para mahasiswa Dipanegara khususnya jurusan SI selalu menanyakan tentang pengakreditasian jurusannya yang sudah 2 tahun lalu tepatnya tangal 25 Agustus 2008 sampai sekarang belum diperbaharui. Ini juga lah yang dikhawatirkan bagi mahasiswa SI di STMIK Dipanegara ini.

Kami (format.red) telah menemui Pembantu Ketua I (PK I), Bapak Drs. I Wayan Simpen untuk menanyakan masalah ini. Ditemui di ruangannya yang terletak di lantai 2 gedung A STMIK Dipanegara mengatakan bahwa beliau sendiri tidak mengetahui mengapa pihak BAN-PT menilai jurusan Sistem Informasi di kampus kuning gading (STMIK Dipanegara) ini bernilai C, “Saya juga tidak tau, yang nilai tanya”, papar beliau. Pria berkaca mata ini juga menjelaskan bahwa kriteria pengakreditasian untuk S1 diperketat dan tidak seperti tahun-tahun lalu. Untuk kriteria penilaian, beliaupun tidak mengetahuinya, “Saya tidak tau, itu dari penilaian, kalo kita (kampus.red) tau kan gampang, kalo kriterianya ini, kita fokus pada itu tapi kan kita gak tau”, papar beliau sambil duduk di ruangannya. “Kita kurang di penelitian, khan tri darma perguruan tinggi, pengabdian pada masyarakat, penelitian dan pengajaran. Yang kita menang disitu hanya pengajaran, kalo pengajaran, aktivitas kita tertinggi, yang kurang itu penelitian dan pengabdian pada masyarakatnya itu yang kurang,” lanjut beliau. Pak Wayan,demikian beliau akrab disapa, menambahkan bahwa pihak nya sudah mengajukan kembali pengakreditasian SI tetapi penilaian yang keluar kembali nilai C. Untuk masa berlaku nilai C sendiri adalah 2 tahun sedangkan B adalah 5 tahun.

Tentang nilai akreditasi apa yang ingin diraih oleh STMIK Dipanegara, Pak Indra selaku ketua jurusan Sistem Informasi menerangkan bahwa nilai A lah yang ingin dicapai.” Ke A maunya,” ujar bapak berkulit putih ini. Ditanya lebih lanjut tentang akreditasi ini, Pak Wayan dan Pak Indra sama-sama mengatakan bahwa semester depan untuk jurusan SI, TI dan Manajemen Informatika akan mengajukan laporan kegiatan sistem belajar mengajar yang terjadi di STMIK Dipanegara. Dijelaskan lebih lanjut oleh pak Indra bahwa yang akan diberikan ke BAN-PT itu adalah laporan berupa dokumentasi apa yang kita (kampus.red) kerjakan dan implementasi kepada seluruh aktivitas akademika.

Dari seorang nara sumber yang kami (format.red) temui dan wawancarai secara tidak langsung, beliau mengatakan bahwa ada bayak kriteria yang menjadi bahan pertimbangan penilaian BAN-PT untuk memberikan nilai akreditasi A kepada sebuah perguruan tinggi, salah satu diantaranya adalah sarana dan prasarana perkuliahan dan juga laboratorium harus memadai dan memenuhi standar. Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah sarana dan prasarana di kampus kita tercinta ini sudah memadai dan memenuhi standar sehingga akreditasi A layak untuk disandang di semua jurusan khususnya Sistem Informasi???? Dan apa upaya dari pihak pengelola untuk menjadikan akreditasi SI, TI dan Manejemen ini bernilai A kalau pihak pengelola kampus sendiri pun tidak mengetahui kriteria apa dan bagaimana jurusan-jurusan yang ada di kampus ini dapat meraih nilai akreditasi tertinggi yaitu A...?????
(rina,imhonk/format)

4 komentar:

Anonim mengatakan...

kawan bisakah diperjelas kembali akreditasi kampus kita,..sebagai lembaga yg memiliki kapasitas untuk mempertanyakan kepada pihak kmpus dengan dipersenjatai dalih kebebasan pers,...mohon kerjasama nya untuk melihat kampus kita lebih baik...

"warna warni pemersatu"

Anonim mengatakan...

tolong truzz dikawal akreditasi kmpuz... jgn smpai kta hanya melihat nama besar STMIK saja tanpa mmpedulikan kualitas'nya...
kasihan mahasiswa yg ada didalam,.. mmbyar berjuta2...nmun kualitas, pd khususx akreditasix tdk memenuhi standarisasi lapangan kerja..

Semangat Perjuangan...!!!

Orang Indonesia

Anonim mengatakan...

Stmik hanya memikirkan uang...uang...uang... dn mnghiraukan kualitazzzz pendidikan...
yayasan'nya menuhankan uang,.pengelolanya menuhankan..uang..mahasiswanya bangkrut di uang..

mahasiswa kesepian

Anonim mengatakan...

stimk dipanegara hanya mementingkan uang dan uang ..''
saya rasa untuk akreditas di stimik dipanegara makassar saya hargai c ..''
karna di dalamnya kebanyakan dosen2 s1 yang lulus dari kampus ithu sendiri ..''

stimk dipanegara bisa di katakan kampus orang2 yang berpenampilan tapi tidak untuk kualitas