Salam Pers Mahasiswa...!!!

There Are Only Two things That Can Be Lightening The World. The Sun Light In The Sky And The Press In The Earth. (Mark Twain)
Bahwa Hanya Ada Dua Hal Yang Bisa Membuat Terang Bumi Ini, Yakni Matahari Dilangit Dan Pers yang Tumbuh berkembang Di Bumi Ini.....
Salam Pers Mahasiswa...!!!

03 Januari 2012

Meningkatan Mutu Pendidikan melalui ISO


ISO atau singkatan dari International Standart Organization merupakan salah satu langkah bagi STMIK Dipanegara Makassar dalam mengembangkan mutu pendidikan. Awalnya ISO ini hanya diterapkan untuk Industri, namun saat ini ISO juga telah diterapkan untuk dunia Pendidikan. Perihal mengenai STMIK Dipanegara Makassar  menuju ISO 2008 : 9001, Drs. I Wayan Simpen, M. Si selaku Wakil Ketua I mengatakan “Pelaksanaan ISO menurut jadwal dimulai awal bulan Desember mulai dari pelaksanaaan teknis perkuliahan, juga mulai dari dosen yang sudah ada dosen coordinator. Mengenai kendalanya tergantung apa yang dijalani”.
Pelaksanaan ISO dilakukan secara bertahap,  sama halnya seperti proses Akreditas, ISO juga memiliki badan pengawas Assessor, “nanti ada acessor, sama dengan akreditasi, nanti acessornya itu kalau nda’ salah dari Singapura. Dia datang ke sini untuk mengecek dokumentasi kita, pelaksanaan dan sebagainnya itu, yang jelasnya harus dilaksanakan dulu, nanti baru datang tim acessornya yang akan menilai layak atau tidak kita dapat sertifikat ISO” jelas Pak Wayan.
Perencanaan pelaksaan tahap-tahap ISO untuk mendapatkan sertifikat direncanakan 8 bulan. Mengenai akreditasi kampus STMIK Dipanegara Makassar yang saat ini berakreditas C untuk semua jurusan, oleh karena itu, upaya untuk mengatasi hal akreditasi pihak pengelolah dan staff kampus sekarang sedang mengejar ISO 9001 untuk memperbaiki mutu Pendidikan dari kampus STMIK Dipanegara ini. Setelah mendapatkan ISO 9001 maka kampus Kuning Gadng akan direakreditasi.

Dan untuk hasil akhir dari ISO 9001 akan dilaksanakan evaluasi untuk semua pihak kampus. “Semua dievaluasi. Mahasiswanya, dosennya, termasuk penerapannya harus dimulai dari kehadiran 80%, dan di ISO ada itu”, ungkap Pak Wayan. Dan tepat batas waktu penyelengaraan ISO, penerapannya akan di evaluasi. Harapan dari para mahasiswa, semoga penerapan ISO ini  dapat berhasil dan kampus STMIK Dipanegara Makassar dapat meningkatkan mutu Pendidikannya. (Nindi_Format.red)

Tidak ada komentar: