Salam Pers Mahasiswa...!!!

There Are Only Two things That Can Be Lightening The World. The Sun Light In The Sky And The Press In The Earth. (Mark Twain)
Bahwa Hanya Ada Dua Hal Yang Bisa Membuat Terang Bumi Ini, Yakni Matahari Dilangit Dan Pers yang Tumbuh berkembang Di Bumi Ini.....
Salam Pers Mahasiswa...!!!

10 September 2009

FORMAT KAMPUS

PENDAFTAR SEMESTER PENDEK DIGELAR LEBIH AWAL…

Baru beberapa hari yang lalu kuliah reguler berakhir,dan final baru saja dimulai,namun dosen dan mahasiswa harus segera menyiapkan energinya untuk aktifitas semester pendek. Tentu saja hal ini menyita waktu dan perhatian kedua belah pihak utamanya bagi kalangan mahasiswa yang ingin mengikuti SP (Semester Pendek). Manajemen waktu dan pasokan tenaga menjadi prioritas utama dalam mempersiapkan diri menjalani seluruh aktivitas tersebut,di samping dana.

Meskipun demikian,tetap saja kawanan mahasiswa berbondong-bondong memadati antrian pendaftaran SP yang terakhir dilaksanakan pada hari Sabtu,11 Juli 2009 lalu. Spontan saat itu lantai II gedung A dikerumuni warga kampus haus SP sehingga akses sekitar lokasi proses berlangsungnya pendaftaran terlihat macet bak lalu lintas kendaraan. Tak pelak lagi hawa panas mewarnai ruangan dan tak ketinggalan pula kucuran keringat menegaskan gerahnya para register.

Adapun jadwal pendaftaran SP yang terbilang lebih awal dibandingkan dengan SP jauh-jauh hari sebelumnya. Berbeda halnya dengan SP lalu yang pendaftarannya setelah final,sementara untuk SP kali ini pendaftarannya sebelum final padahal jadwal SP baru akan diterbitkan setelah final selesai. Berbicara mengenai pendaftaran SP yang terkesan terlalu terburu-buru ini,PK II (Pembantu Ketua II) yakni Bapak I Wayan Simpen,M.Si memaparkan, ”Kita harus melaksanakan jadwal seperti itu karena waktu kita sangat mepet,dan dari KOPERTIS mengharuskan September harus sudah mulai kuliah”.

“Nilai C masih bisa di-SP-kan,dan jika ada mahasiswa yang beranggapan bahwa nilai C sudah tidak dapat di-SP-kan itu mungkin karena tidak membaca pengumuman tentang persyaratan mengikuti SP”. Jelas Bapak PK II ketika ditanya tanggapannya mengenai issu yang merebak di kalangan mahasiswa akan peniadaan SP untuk nilai C.

Lebih jauh mengenai SP,Pembantu Ketua II yang akrab disapa Pak Wayan ini memaparkan, ”Semester regular berbeda dengan semester pendek. Pada semester regular,jika ada mata kuliah yang peminatnya hanya sedikit atau tidak mencukupi standar jumlah mahasiswa per kelas,maka mata kuliah tersebut dibatalkan. Sementara itu,untuk SP,bagaimanapun juga,berapapun jumlah mahasiswa pada suatu mata kuliah,kuliah tetap dilaksanakan. Adapun untuk mata kuliah yang hanya terdiri kurang dari enam mahasiswa maka akan diberikan PanSus (penanganan Khusus).
*Sakura-Format*

Tidak ada komentar: